Populasi Dunia Mencapai 10,1 Miliar di 2100

(Ilustrasi: Google image)
(Ilustrasi: Google image)

NEW YORK - Jumlah populasi dunia diperkirakan bakal mencapai 9,3 miliar pada 2050 dan 10,1 miliar pada 2100 mendatang. Demikian analisa ahli populasi PBB yang dilansir Straits Times, Rabu (4/5/2011).

Berdasarkan laporan PBB tentang tren dunia yang dirilis Selasa waktu setempat, populasi global disinyalir akan tumbuh menjadi 6,9 miliar pada 1 Juli nanti. Bahkan, 31 Oktober mendatang, angka itu akan kembali tumbuh menjadi 7 miliar.

Sebagian besar pertumbuhan populasi terjadi di negara-negara dengan tingkat kesuburan tertinggi, terutama di wilayah sub-Sahara Afrika.

Hania Zlotnik selaku Direktur Divisi Populasi PBB mengatakan bahwa analisa ini tergantung pada perkiraan tingkat kesuburan maupun beberapa faktor lain seperti kemajuan dunia kedokteran yang membuat seseorang bisa hidup lebih lama atau semakin banyak keluarga yang memilih memiliki anak lebih sedikit.

"Dunia tidak runtuh dengan pertambahan begitu banyak orang. Tapi kebanyakan dari mereka berada di negara-negara paling miskin," papar Zlotnik.

"Jika mereka tidak mencapai tingkat kesuburan yang lebih rendah, kami memperkirakan mereka akan mendapat masalah serius," lanjutnya.

Direktur eksekutif UN Population Fund Dr Babatunde Osotimehin menambahkan, "Adanya 7 miliar populasi di dunia ini merupakan sebuah tantangan sekaligus peluang. Secara keseluruhan, orang-orang hidup lebih lama dan menjalani kehidupan lebih sehat serta memiliki keluarga lebih kecil."

"Tapi untuk memastikan kesejahteraan masyarakat saat ini, begitu juga generasi yang akan datang, diperlukan pemikiran-pemikiran baru serta kerjasama dari seluruh pihak," tutup Osotimehin.

Related Post by Category



Posted by Toko Alifa on 08.11. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

0 komentar for "Populasi Dunia Mencapai 10,1 Miliar di 2100"

Leave a reply

Silahkan komentar jika artikel ini bermanfaat dan maaf komentar spam kami hapus