Kurang Dana, Insitut Pencarian Alien Ditutup

Allen Telescope Array milik SETI (gambar: lownoisefactory.com)
Allen Telescope Array milik SETI (gambar: lownoisefactory.com)

SAN FRANCISCO - Institut Search for Extra-Terrestrial Intelligence (SETI) menonaktifkan teleskop Allen Telescope Array, yang mencari petunjuk di langit mengenai kehidupan asing, ditutup karena kurang pendanaan.

Institut SETI yang memiliki 42 teleskop Allen Telescope Array berukuran besar di wilayah utara San Francisco, awalnya didanai oleh salah satu pendiri Microsoft, Paul Allen, sebesar USD25 juta. Setelah sekian lama jumlah donasi semakin menurun, hingga beberapa karyawan dikurangi. Demikian seperti yang dikutip dari Mashable, Kamis (28/4/2011).

Penutupan ini diharapkan hanya sementara, karena SETI kini sedang mencoba untuk mengumpulkan USD5 juta untuk memperbaiki operasionalnya, yang direncanakan akan dilakukan pada tahun 2013.

SETI adalah sebuah institut yang melakukan pencarian terhadap kehidupan asing di luar Bumi. Proyek SETI menggunakan metode ilmiah untuk mencari transmisi elektromagnetik dari peradaban lain di planet yang jauh. Institut ini sangat populer di kalangan penggemar UFO dan alien.

Awalnya pemerintah Amerika Serikat (AS) mendanai proyek SETI, namun setelah sekian lama akhir institut tersebut didanai oleh perusahaan swasta.

Tertarik untuk menyumbang ke SETI? klik ke sini

Related Post by Category



Posted by Toko Alifa on 08.18. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

0 komentar for "Kurang Dana, Insitut Pencarian Alien Ditutup"

Leave a reply

Silahkan komentar jika artikel ini bermanfaat dan maaf komentar spam kami hapus