Orang Kidal Lebih Penakut?

Orang kidal (gambar: blogspot.com)
Orang kidal (gambar: blogspot.com)

LONDON - Sebuah penelitian terbaru menyatakan bahwa orang kidal merasakan takut lebih ketimbang orang yang normal.

Dalam sebuah percobaan yang dilaporkan oleh Telegraph Sunday, sekelompok partisipan diminta untuk menonton video klip berdurasi delapan menit dari film 'Silence of the Lambs' dan mengingat adegannya. Demikian seperti yang dikutip dari ANN, Selasa (3/5/2011).

Partisipan kidal mengingat ternyata hanya mengingat sebagian dari adegan film tersebut dan deskripsi mereka dipenuhi oleh pengulangan, yang menunjukkan gejala menderita Post Traumatic Stress Disorder (PTSD).

"Gejala PTSD hampir berlipat ganda di orang kidal dibandingkan dengan orang normal," ujar Dr. Carolyn Choudhary dari Queen Margaret University di Edinburg.

Dr. Chouddhary yang memimpin penelitian tersebut percaya kalau penemuan tersebut akan memberikan pandangan baru bagaimana manusia mengembangkan gejala PTSD dan bagaimana otak bekerja terhadap rasa takut.

"Nampaknya dua sisi otak memiliki peran yang berbeda dalam PTSD, dan otak sebelah kanan nampaknya lebih berperan dalam rasa takut. Sisi kanan otak orang kidal sangat dominan, mungkin hal tersebut turut mempengaruhi hasil penelitian ini," jelas Dr. Choudhary.

Dr. Choudary akan mempresentasikan hasil temuannya di konferensi tahunan British Psychology Society pekan ini.

Related Post by Category



Posted by Toko Alifa on 08.11. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

0 komentar for "Orang Kidal Lebih Penakut?"

Leave a reply

Silahkan komentar jika artikel ini bermanfaat dan maaf komentar spam kami hapus