Kelapa Kopyor

Kelapa Kopyor memiliki cita rasa berbeda dengan kelapa biasa yang tumbuh alamiah. Dan untuk mendapatkan kelapa kopyor ini, tidak semudah kita memetik dari pohon kelapa yang tumbuh biasa tanpa perawatan khusus. Kelapa kopyor membutuhkan waktu dan cara yang relatif khusus. Dari pembibitan sampai dengan perlakuannya untuk mendapatkan kelapa kopyor yang siap saji.

Perlakuan khusus terhadap pohon kelapa yang menghasilkan kelapa kopyor tidak dimulai saat pohon telah besar. Justru ternyata proses produksi kelapa kopyor dimulai saat bibit kelapa di tanam, yang sebelumnya pada lobang penanaman diberikan semacam zat pembantu yaitu kapur tohor. Kapur tohor ini adalah salah satu perlakuan pada pertumbuhan kelapa untuk menghambat, menyiksa dan menghimpit perakaran. Akibatnya proses penyerapan unsur hara tanaman (unsur makanan tanaman) terganggu, tidak sempurna, berikut dengan pertumbuhan perakarannya.

Selain perlakuan tersebut, ada perlakuan lain yaitu "menggoyang" tanamannya sebulan sekali. Hal ini diupayakan agar buah kelapa dapat menjadi lebih baik hasilnya. Dan perlakuan ini pun sampai pohon kelapa berbuah. Hingga pada akhirnya, buah kelapa dapat dipetik hasilnya.

Bisa dibayangkan kehidupan si kelapa ini. Sejak awal pertumbuhannya, ia diperlakukan dengan khusus. Bukan dengan perlakuan dengan memberikan pupuk yang menyuburkan dan membuat pohon tumbuh dengan buah yang lebat, ukuran buahnya besar dan perlakuan lain layaknya tumbuhan pertanian lainnya. Justru ia dipersulit untuk mencari makan, dipersulit dalam bertumbuh, juga "hidupnya" dibuat tidak nyaman, selalu digoyang-goyang. Tetapi "ketabahannya" untuk bertahan hidup mampu membuahkan hasil. Ketika pertumbuhan generatif menjemput, si kelapa mampu mempersembahkan buah kelapa yang berbeda dari kelapa yang "hidup normal". Rasanya lebih enak, nikmat, jauh melebihi buah kelapa normal. Penampilan si kelapa kopyor ini juga sangat berbeda dengan si kelapa normal. Dia mempunyai performance lebih kekar!

Kita patut merenungkan bahwa kehidupan kita begitulah layaknya. Tidak semua diri kita tumbuh menjadi dewasa dari kehidupan yang serba lurus, mudah dan enak. Ada saatnya jatuh bangun membangun optimisme dan semangat luar biasa. Harapan kesempurnaan perlakuan yang baik dari lingkungan dan orang-orang yang dapat mengayomi dengan kearifan dan bijaksana. Padahal setiap orang tahu pasti, bahwa kita semua mestinya tumbuh dengan kehidupan yang harus lebih baik. Namun sesungguhnya, dengan ketidak adilan hidup menurut kita, pada akhirnya justru semakin membuat pribadi kita kuat dan percaya pada diri sendiri.

Demikianlah Kenikmatan akan kita peroleh melalui proses yang terkadang sampai menghimpit kehidupan kita. Kebahagiaan sering diperoleh karena digoyang dinamika kehidupan yang tidak terpantau dan tidak nyaman untuk dijalani. Performance kita dibentuk oleh kehidupan yang kita hadapi setiap hari diantara kesendirian dan kebersamaan benturan keinginan dan harapan. Jadi, jalanilah hidup dengan segumpal "ketabahan" dan "kesabaran disertai ketulusan tanpa batas”. Kelak kita akan menikmati hasil yang lebih berarti dan bermakna pada tempat yang sebenarnya.

Related Post by Category



Posted by Toko Alifa on 19.03. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

0 komentar for "Kelapa Kopyor"

Leave a reply

Silahkan komentar jika artikel ini bermanfaat dan maaf komentar spam kami hapus