Mobil Antik Dulu Tak Laku Sekarang Mahal
Sejumlah mobil memang  diciptakan mahal  sejak semula. Tengok saja harga Ferrari, Rolls-Royce  Phantom, dan  mobil-mobil berharga miliaran rupiah yang lain.
Tetapi  berbeda  dari sederet mobil-mobil ini. Mobil-mobil ini mahal karena  jumlahnya  yang sudah sangat jarang. Bahkan, sebagian mobil pada masanya  tidak  laku, sehingga hanya diproduksi terbatas.
McKeel Hagerty,   presiden Hagerty Insurance, perusahaan asuransi mobil-mobil kuno  memberi  contoh mobil-mobil yang dulu tidak laku, namun saat ini  harganya  melambung. 
Berikut mobil-mobilnya:
Ford Edsel (1958-60)
Nilai: lebih dari US$100 ribu dalam kondisi  baik
Nama  Edsel telah  menjadi identik dengan "kegagalan." Ketika Ford  mengembangkan line up  mobil Edsel pada 1950-an, diharapkan bisa  menawarkan sesuatu yang  sedikit lebih bagus dan lebih khusus dari  Mercury, namun kenyataannya  berbeda. Mobil ini tidak laku.
Untuk  mengembangkan Edsel, Ford  telah menghabiskan US$400 juta atau setara  US$3 miliar untuk nilai  sekarangnya. Namun hidup Edsel sangat pendek,  hanya sekitar 2 tahun.
Ford  memproduksi mobil ini hanya 118 ribu  unit, atau hanya separuh dari  kebutuhan impas perusahaan. Saat ini  Edsel sangat berharga. Sirip-sirip  yang dipenuhi dengan krom semakin  meningkat nilai mobil ini.
Amphicar (1961-1968)
Nilai: US$26 - 58 ribu
Kendaraan  amfibi  buatan Jerman, Amphicar hanya diproduksi tujuh tahun. Mobil ini  dinilai  kurang optimal untuk bisa menjelajah darat dan air.
Mobil ini  hanya dijual sekitar 4 ribu unit. Jauh di bawah yang mereka harapkan,  sebanyak 20 ribu unit.
Namun,  setelah beberapa puluh tahun ini,  Amphicar terbukti tahan uji. Mobil  ini tidak berkarat. Ini tidak seperti  mobil-mobil Jerman yang lain.
BMW Isetta (1955-1962)
Nilai: US$30 - 60 ribu
BMW  Isetta  merupakan contoh awal dari microcar atau city car. Namun Isetta  bernasib  kurang baik di pasar AS. Ini seperti nasib Smart ForTwo, city  car  modern yang dikeluarkan pada beberapa tahun terakhir.
Mobil ini   sebenarnya pernah menjadi favorit di Eropa pasca perang dunia kedua.    Mobil ini sesuai dengan kebutuhan transportasi, bisa berjalan di jalan   sempit, dan konsumsi bahan bakar yang irit. Namun, bagaimana pun di AS   mobil itu tidak laku.
Sekarang harga mobil ini menjadi lebih dari   sekadar apa yang diinginkan. Bagi sebagian besar pembeli, Isetta   merupakan semacam "comic relief" dalam koleksi mereka.
Continental Mark II (1956-1957)
Nilai: US$40- 90 ribu
Edsel  bukan  satu-satunya merek mobil Ford yang diperkenalkan pada 1950-an.  Ford  ingin mengembangkan mobil kelas mewah, dengan meluncurkan line up   Continental.
Saat itu, Continental dijual dengan harga sekitar   US$10 ribu. Kedengarannya murah, tapi dengan harga ini, saat itu bisa   mendapatkan mobil mewah Rolls-Royce.
Divisi line up Continental   memang dirancang bagi Ford untuk memasuki mobil kelas premium. Saat ini,   Continental merupakan mobil yang mengesankan. Setengah dari 3.000   Continental Mark II yang diproduksi 1956 masih bertahan hidup.
Delorean DMC 12 (1981-1982)
Nilai: US$10 - 35 ribu
Meski  masih  menggunakan engkol, Delorean DMC 12 memiliki desain futuristik.   Sayangnya, mobil-mobil ini ternyata kurang bertenaga kerana kelebihan   berat badan.
Manajemen sempat bermasalah dengan tuduhan  perdagangan  obat berbahaya,  akibatnya pabrik hanya bisa beroperasi  selama dua  tahun dengan produksi 9 ribu unit.
Fiat Jolly (1958)
Nilai: US$30 - 60 ribu
Jolly  merupakan  modifikasi Fiat 500 atau 600. Mobil ini sengaja didesain  untuk penikmat  kapal pesiar yang kaya raya. Mobil ini bisa dibawa masuk  kapal, dan  dibawa kemana pun dia singggah.
Kursi-kursinya terbuat dari rotan  dan rumbai opsional bisa melindungi pengendara dari sengatan matahari.
Sayangnya   mobil ini tidak laku. Saat ini jumlahnya tidak lebih dari 100 unit di   seluruh dunia. Karena sedikitnya mobil ini, membuat harganya semakin   melambung
De Tomaso Pantera (1971-1975)
Nilai: US$42- 65 ribu
Pantea  memiliki  mesin belakang. Mobil ini dijual pada dealer yang sama dengan   Lincoln-Mercury. Sebuah model bisnis penjualan ritel yang agak ganjil   untuk mobil sekelas ini.
Dengan mesin Ford-nya, Pantera  seharusnya  lebih mudah untuk mempertahankan dari kesan mesin Italia yang  rewel.  Tetapi, tetap saja mobil ini tidak laku. Meski demikian, saat  ini  Pantera sangat diburu kolektor.
Jadi  kesimpulannya, sayangilah kendaraan  jadul anda karena mungkin suatu  saat nanti, kendaraan anda akan menjadi  barang antik yang harganya  selangit 
http://kask.us/4684509

0 komentar for "Mobil Antik Dulu Tak Laku Sekarang Mahal"