RI Siapkan Bantuan Dana & Kirim 15 Orang Penyelamat ke Jepang

Jakarta - Pemerintah Indonesia sudah menyiapkan bantuan dana bagi korban gempa dan tsunami ke Jepang. Selain bantuan dana, 15 orang tim penyelamat dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan segera diterjunkan ke Jepang.

Hal ini disampaikan Menlu Marty Natalegawa kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam rapat bersama sejumlah menteri dan perwakilan Asosiasi Pengusaha Indonesia Jepang di kantor Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (15/3/2011).

Dari sejumlah opsi bantuan yang ada, kata Marty, kemungkinan besar Indonesia akan memberikan bantuan dana. Namun, jumlah kisaran dana belum dapat dipastikan.

"Kita ingin mendengar dari pemerintah Jepang yang mereka butuhkan supaya memastikan bantuan itu benar-benar matching. Informasi dari pihak Jepang, mereka butuh selimut, tabung air minum, dan bantuan keuangan. Kemungkinan, Indonesia memberikan bantuan dana," papar Marty saat jumpa pers.

Menurut Marty, bantuan dana juga pernah diserahkan sebelumnya pada saat terjadi bencana di Australia, New Zeland, Haiti, Chili, dan lain-lain.

"Dana akan segera ditetapkan pemerintah dalam waktu dekat. Tetapi, sebagai gambaran ketika bencana di Australia kita serahkan bantuan sejumlah US$ 1 juta," kata Marty.

Marty menambahkan Indonesia juga akan mengirim 15 orang tim evakuasi dari BNPB. Tim tersebut memiliki kemampuan untuk melakukan penyelamatan dan medis tanpa harus membebani pihak Jepang, terutama dalam kemampuan bahasa dan kemampuan bergerak.

"Sekarang 15 orang itu sedang dalam pengurusan dokumen perjalanan," kata Marty.

Anggota Wantimpres, Ginandjar Kartasasmita, menambahkan Indonesia juga mempertimbangkan untuk memberi bantuan berupa selimut, tenda, dan peralatan untuk pemukiman darurat. Tenaga medis dan dokter juga dipersiapkan.

"Tetapi khusus dokter, ada persyaratan khusus dokter harus ujian lagi kalau mau praktek di sana. Paling tidak, dokter-dokter yang bersekolah S3 di sana bisa membantu," kata Ginandjar.

Ginandjar mengatakan, bantuan tersebut sebagai bentuk perhatian Indonesia terhadap apa yang sudah dilakukan Jepang dahulu ketika bencana terjadi di Indonesia. Jepang adalah negara pertama dan terbesar dalam memberikan bantuan.

"Kita berharap memberikan bantuan yang tidak sia-sia dan tidak memberikan bantuan yang tidak mereka butuhkan," ujar eks Ketua Perhimpunan Persahabatan Indonesia-Jepang ini.

Related Post by Category



Posted by Toko Alifa on 18.25. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

0 komentar for "RI Siapkan Bantuan Dana & Kirim 15 Orang Penyelamat ke Jepang"

Leave a reply

Silahkan komentar jika artikel ini bermanfaat dan maaf komentar spam kami hapus