Pasukan Khadafi Rebut Kota Zuwarah

Pasukan pro-pemimpin Libia Muammar Khadafi Senin (14/3) mengalahkan gerilyawan di kota pantai Zuwarah dan merebut kembali satu dari beberapa kota yang terakhir dikuasai pemberontak di Libia barat itu.

"Zuwarah di tangan mereka sekarang," kata Tarek Abdallah, salah seorang warga di kota tersebut. "Mereka menguasainya dan tidak ada pertanda (keberadaan) pemberontak. Mereka sekarang di pusat (kota) -- tentara dan tank." katanya seperti dikutip Reuters melalui telepon.

Menurut Tarek, warga takut tentara pro-Khadafi akan melakukan kejahatan. "Kami mengharapkan dan berdoa pada Tuhan mereka tidak akan melakukannya." ujarnya. Sebelum merebut Kota Zuwarah yang berjarak 120 kilometer di barat ibukota Libya, Tripoli itu, pasukan yang setia pada Khadafi menggempur Zuwarah dengan artileri sebelum tank-tank mereka bergegas cepat menuju pusat kota.

Pasukan Khadafi telah kehilangan kekuasaannya di bagian-bagian besar negara pengekspor minyak di Afrika utara itu pada awalnya, tapi dalam sepekan terakhir momentum militer telah beralih kembali mendukung mereka. Satu-satunya kota besar yang masih dikuasai pemberontak di Libia barat adalah Misrata, 200 kilometer di timur ibukota Tripoli.

Related Post by Category



Posted by Toko Alifa on 19.17. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

0 komentar for "Pasukan Khadafi Rebut Kota Zuwarah"

Leave a reply

Silahkan komentar jika artikel ini bermanfaat dan maaf komentar spam kami hapus